Tips Memilih Warna Cat Tembok Untuk Rumah Minimalis - Rumah Impian
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Warna Cat Tembok Untuk Rumah Minimalis

Tips Memilih Warna Cat Tembok Untuk Rumah Minimalis - Rumah Impian. Keindahan rumah atau tempat tinggal tidak hanya terletak pada design bangunan tempat tinggalnya dan bukan juga hanya pada pengaturan interior ataupun eksteriornya saja, tetapi juga ada pada proses pemilihan atau perpaduan warna interior rumah tersebut. Dengan penentuan warna cat yang pas dan kwalitas cat yang bagus merupakan suatu langkah yang akan membuat tempat tinggal kita tampak indah serta menawan baik untuk pengecatan tempat tinggal yang baru di bangun atau saat melakukan renovasi.

 
Memilih Cat untuk Rumah Minimalis

Penentuan warna cat tembok bukanlah hal yang mudah, mengingat keindahan tempat tinggal juga terdapat pada warna cat di temboknya. Dalam pengecatan sebuag bangunan tempat tinggal terdapat banyak aspek yang perlu diperhitungkan. Salah satunya ialah dengan mengetahui seperti apakah bahan dasar cat yang ingin di gunakan. Hal semacam ini mencakup bahan perekatnya, bahan pewarna catnya atau pigmen, bahan pelarutnya sampai ke ekstenden atau bahan pengisi.

Bahan bahan untuk pengecatan usahakan ramah lingkungan dan yang paling penting aman untuk kesehatan, Karena cat juga akan di gunakan pada interior rumah seperti cat tembok kamar tidur, cat tembok ruang tamu dan ruangan lainya. Jika Anda berencana akan mengecat bagian luar rumah akan lebih baik jika menggunakan jenis cat tembok berbahan dasar 100% acrylic emulsion.

Kandungan bahan cat yang bagus memiliki bahan dasar acrylic lantaran mempunyai daya lekat yang begitu kuat hingga bisa mengikat partikel zat warna dengan cara yang baik. Hal semacam ini akan membuat warna jadi lebih awet dan tak gampang luntur atau sirna apalagi sampai terkelupas.

Ciri ciri cat berkwalitas bagus yaitu memiliki kandungan bahan pengisi atau ekstender, seperti kaolin serta kandungan kapur yang lebih sedikit bila dibanding dengan cat yang mempunyai kwalitas yang tidak bagus. Untuk masalah harga, Sudah sangat jelas cat yang mempunyai kwalitas bagus pasti harga nya juga lebih mahal namun hasilnya pasti juga akan sebanding dengan biaya yang anda keluarjan dan umur dari cat kwalitas bagus akan lebih lama.

Satu diantara banyak keunggulan bila memakai cat tembok berkwalitas bagus yaitu mempunyai ketahanan pada cuaca, lumut, jamur, panasnya cahaya matahari sampai bila terjadi proses pergantian cuaca. Perbedaan lain pada cat yang bagus dengan tidak adalah pada hematnya waktu proses pengecatan. Bila cat yang bagus umumnya sekali pengecatan sudah bisa terlihat hasilnya, berbeda dengan kwalitas yang kurang bagus butuh beberapa kali proses pengecatan agar hasilnya terlihat bagus.

Mengenai jenis cat yang bagus dan berkwalitas, ada tiga jenis cat tembok yang bagus dengan bahan acrylic 100% yang umumnya di buat untuk cat interior kelas premium, yang ke 2 ada acrylic emulsion dimana cat ini adalah paduan dari acrylic 100% dan vynil versatic, serta yang ke 3 yaitu vinyl acrylic.

Sebelumnya melakukan pengecatan tempat tinggal, ada banyak hal yang perlu dilakukan di antaranya adalah bersihkan dahulu sisi permukaan tembok yang akan di cat, bersihkan semuanya permukaan dari kotoran dengan memakai amplas dan pastikan juga saat mengecat tembok kondisi dindingnya tidak dalam keadaan lembab.

Tips Memilih Cat Tembok Yang Baik dan Aman


Pastikan cat yang ramah lingkungan. Untuk cara mengetahuinya cukup mudah karena ditandai dengan adanya label free lead and mercury, low volatile organic compound, atau green label. Selain  ramah lingkungan, cat ini lebih aman untuk kesehatan untuk di gunakan didalam rumah.

Cat yang memiliki kwalitas baik akan tidak berbau menyengat sebelum maupun setelah pengecatan dikerjakan.

Untuk tembok yang sering terjadi banjir, pastikan memilih cat yang memiliki kandungan susunan antijamur, baik untuk cat interior ataupun eksterior.

Warna Cat Tembok mudah untuk dibersihkan juga jadi pilihan yang tepat hingga tidak perlu sering-sering mengecat lagi hanya lantaran noda sedikit atau lumpur. Cukup di bersihkan dengan air atau lap lembap tembok akan bersih kembali.

Khusus untuk keperluan cat eksterior, pastikan cat dengan double UV protection. Hal semacam ini begitu penting agar cat tak cepat memudar warnanya akibat terserang paparan cahaya matahari atau pergantian cuaca yang ekstrim.

Pilih warna cat sesuai dengan tema ruangan yang ingin di bangun. Bila anda tidak begitu memahami mengenai proses mengombinasikan warna cat, sebaiknya anda berkonsultasi dengan desainer interior atau mencari rujukannya di majalah maupun di majalah on-line yang saat ini sangat banyak bermunculan.

Tips Memilih Warna Cat Tembok Yang Tepat

Emulsi matt – cat tembok yang bagus untuk dinding interior

Emulsi yang memiliki bahan dasar air ini begitu pas untuk diaplikasikan pada dinding interior. Ada dalam beragam tingkat ketahanan, termasuk juga hasil akhir yang super tahan lama cukup ideal untuk ruang yang sering dilintasi seperti koridor atau kamar tidur anak-anak. Emulsi ini begitu baik untuk menyamarkan permukaan yg tidak bagus, seperti dirumah tua atau tembok saat Anda baru saja melepas wallpaper. Anda bisa memberikan sentuhan pada dinding matt dengan mudah, dan salah satunya bisa dicuci hingga Anda dapat  membersihkan dinding itu.

Matt – memberi hasil akhir yang modern pada dinding interior

Inilah yang Anda butuhkan jika menginginkan hasil akhir matt yang Sesungguhnya. Akan terlihat lebih datar – hampir mirip seperti kapur - dari pada matt standard. Meskipun biasanya jenis ini dipakai pada property bergaya periode, hasil akhirnya begitu ideal bila Anda menginginkan tampilan super modern dirumah Anda.

Cat dengan kemilau lembut – berikan kilau lembut pada dinding interior

Bila menurut Anda cat silk sangat bercahaya, kemilau yang lembut bisa menjadi pilihan yang cocok pada kepraktisan serta penampilan yang baik.

Cat mengkilap - sangat bagus untuk ruang yang sering dilalui banyaknya orang.

Dengan kemilau yang tinggi di semua cat tembok, cat mengkilap bisa dengan mudah di bersihkan, membuatnya cukup ideal untuk ruang ramai yang perlu sering di bersihkan. Anda dapat juga memakainya untuk menyoroti dengan cara halus feature tradisional seperti list dinding atas serta plafon.

Cangkang telur memiliki bahan dasar air - cat tembok yang sangat bagus untuk dinding dapur serta kamar mandi

Cat ini mempunyai kilau yang lebih redup dan tahan akan lembap, karena itu begitu pas untuk dinding dapur serta kamar mandi, serta untuk mengecat kayu seperti almari dapur serta perlengkapan. Hasil pada akhirnya cukup tahan lama mudah untuk digosok serta mudah diperbaharui.

Cangkang telur memiliki bahan dasar pelarut - cat interior yang cukup bagus untuk kayu serta besi

Cat ini cuma bisa dipakai pada kayu serta besi dalam ruangangan. Daya tahannya membuat cat ini ideal untuk bingkai jendela.

Satinwood - Bagus untuk kayu interior

Satinwood lebih cerah dari eggshell merupakan salah satu pilihan yang pas apabila Anda menginginkan hasil akhir yang kemilau untuk kayu di interior rumah anda.

Conton Cat Satinwood


Gloss (kilap) – berikan penampilan bercahaya pada kayu serta besi

Gloss mempunyai kemilau dari tengah hingga tinggi serta pilihan yang popular untuk kayu serta besi. Menginginkan lebih cepat dalam mengecat? Pikirkan antara pilihan cat satu-lapis atau non-tetesan.

High gloss (Sangat Mengkilap) – Bagus untuk kayu di interior serta eksterior

Cat yang super mengkilap ini memberi hasil akhir seperti cermin yang tampak sangat bagus untuk semua type kayu serta bisa dipakai baik interior ataupun eksterior. Cat ini bakal menyoroti feature design apa pun. Tentukan cat gloss yang memiliki bahan dasar air untuk proyek indoor serta pakai cat yang memiliki bahan dasar minyak untuk pengaplikasian di outdoor. Hasil akhir gloss umumnya paling gampang untuk dijaga kebersihannya lantaran kotoran tak demikian melekat serta gampang di bersihkan saat banjir atau kotor.

Contoh Cat High Gloss

Aplikasi Cat High Gloss

Tips Memilih Warna Cat Tembok Interior Yang Baik


Konsep Warna Cat Yang Cerah

Warna cat yang cerah biasanya sangat bagus di aplikasikan pada rumah minimalis dan tidak terlalu besar dan juga berkonsep modern. Model Cat rumah minimalis ini bisa di aplikasin pada eksterior atau interior seperti ruang keluarga.

Ekterior Cat Warna Cerah

Konsep Warna Cat Yang Lembut

Untuk Warna cat yang cenderung soft biasanya sangat bagus jika di aplikasikan pada ruang tamu, karena akan menambah kesan yang nyaman, teduh dan bisa membuat tamu lebih betah. Bisa juga di aplikasikan pada kamar tidur karena akan membantu anda lebih nyaman dan mudah terlelap.

Ruang Tamu Minimalis

Ruang Tamu Minimalis Warna Lembut


Konsep Warna Cat Cenderung Gelap

Untuk pilihan warna yang gelap biasanya di aplikasikan ke ruangan yang perlu selalu di bersihkan atau cepat kotor seperti dapur ataupun garasi.


Namun semua tips dan saran di atas akan kembali lagi ke selara anda saat menentukan pilihan warna, untuk yang berkesan ceria ataupun seru bisa memilih konsep dengan warna cerah, untuk kesan lebih nyaman akrab dan kekeluargaan bisa mencoba dengan cat tembok berwarna lembut. 

Post a Comment for "Tips Memilih Warna Cat Tembok Untuk Rumah Minimalis"